Apa Itu Google Docs ?
Google
Docs merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan Google untuk
kebutuhan manajemen dokumen. Khususnya aplikasi office. Mulai dari
pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation).
Google Docs bukan hanya menyimpan saja, namun juga bisa digunakan untuk
untuk mengolah, menyimpan, membuat, meng-edit dokumen perkantoran
seperti layaknya Microsoft Office pada Windows atau Open Office pada Linux dengan secara
online. Semuanya dalam satu paket dan tidak perlu menginstal di
komputer. Karena sangat tangguh dan dasyat maka sering disebut aplikasi
pembunuh Microsoft Office, Open Office, danNeo Office.
Sejarah
Awal mulanya,Google Docs berasal dari dua produk terpisah, Writely dan Google Spreadsheet. Writely adalah
web berbasis pengolah kata yang dibikin oleh perusahaan software
Upstartle dan diluncurkan pada Agustus 2005. Spreadsheet, diluncurkan
sebagai Google Labs Spreadsheets pada tanggal 6 Juni 2006, berasal dari
akuisisi dari produk XL2Web oleh 2Web Technologies . Fitur asli Writely termasuk
kolaborasi editing teks dan kontrol akses. Menu, shortcut keyboard, dan
kotak dialog mirip – mirip dan sesuai dengan harapan kita sama dengan
pengolah kata desktop seperti Microsoft Word atau OpenOffice.org Writer.
Google Docs dapat digunakan (melihat dan mengedit) dalam modus offline
menggunakan Google Gears.
Fitur Dasar Dalam Google Docs
- Mengedit dan menyimpan file.
- Mengu-upload file.
- Mengatur hak akses.
- Bekerja secara offline dokumen.
- Mendownload atau mengunduh file.
- Fasilitas see revision history.
- Translate dokumen.
Kelebihan Google Docs
- Mudah.
- Gratis.
- Tragedi data hilang akibat kerusakan harddisk bisa dihindarkan.
- Support dan dokumentasinya lengkap.
- Menggunakan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang sederhana untuk memformat dokumen, memeriksa ejaan, dan sebagainya.
- Akses pekerjaan kapan saja, di mana saja, Google Documents diberdayakan dengan aman oleh web, memberikan Anda fleksibilitas untuk tetap produktif di meja, di perjalanan, di rumah, dan di ponsel Anda, bahkan ketika Anda sedang luring sekali pun.
- Bekerja di beragam sistem operasi, Google Documents bekerja pada peramban di komputer PC, Mac, dan Linux, serta mendukung format umum seperti .doc, .xls, .ppt, dan .pdf.
- Kemudahan mengunggah dan berbagi berkas, Berkas yang disimpan di Google Documents dapat selalu diakses baik untuk mengunggah atau berbagi.
- Kontrol akses aman, Administrator dapat mengelola izin berbagi berkas di seluruh sistem, dan pemilik dokumen dapat berbagi dan mencabut akses berkas setiap saat.
Kekurangan Google Docs
- Membutuhkan koneksi internet
- Harus dikerjakan secara online terlebih dahulu.
Membuat Dokumen di Google Docs
Anda harus memiliki sebuah alamat Gmail yang aktif untuk proses pendaftaran dan aktifasi situs. Account Gmail (Google Mail, http://www.gmail.com). Google sudah mengintegrasikan akun Gmail untuk semua layanan fasilitas Google.
Terdapat
5 pilihan dokumen yang dapat kita buat, yaitu dokumen text seperti
Microsoft Word , Dokumen persentasi seperti Microsoft Powerpoint.
Dokumen spreadsheet seperti Microsoft Excel, Membuat gambar seperti
menggunakan Paint, Photoshop, CorelDraw dan sebagainya dan yang terakhir
membuat form kuesioner online dalam pilihan form. Nah, karena fitur
yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari (terutama mahasiswa)
dokumen-dokumen text dan presentasi, maka kali akan saya coba jabarkan
cara-cara menggunakan Google Docs untuk pemula.
- Sebelum masuk ke dalam Google Docs, pastikan kalian sudah memiliki akun universal Google. Apa itu akun universal Google? Jadi sekarang Google sudah mengintegrasikan akun Gmail untuk semua layanan fasilitas Google. Nah, kalau udah punya Gmail, gunakan akun itu untuk semua fasilitas Google.
- Setelah pastikan anda memiliki aklun Google, sekarang saya minta anda untuk yakinkan diri anda bahwa anda sudah memiliki akun Google, kalau belum yakin silahkan kembali ke langkah pertama.
- Bukan https://docs.google.com dan masukan akun Google pada bagian login.
- Ini adalah halaman Google Docs, di bagian tengah yang paling jumbo sendiri itu adalah dokumen yang saya miliki di Google Docs, yang pernah diedit dengan Google Docs atau dokumen orang lain yang mengundang kita untuk membaca / mengedit dokumen tersebut.
- Untuk membuat dokumen baru Anda bisa meng-klik menu BUAT > Document untuk membuat file doc. Anda juga bisa memilih jenis file presentasi yaitu seperti Power Point dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan Anda.
- Ketika anda meng-klik salah satu pilihan, maka Browser akan membuka tab baru untuk mempersiapkan wadah penulisan. Tampilan ini memang cukup simpel di bandingkan aplikasi yang sangat familiar di telinga Anda yaitu Microsoft Word. Tetapi beberapa menunya memang sudah cukup untuk Anda membuat dokument kantor atau tugas.
Membuat Nama File
Standart nama dokumen yang akan Anda buat adalah Untitled document. Anda bisa merubahnya dengan cara sebagai berikut:
- Sorot judul dokumen tersebut, lalu klik sekali.
- Akan tampil kotak dialog Ganti Nama Dokumen, masukkan nama yang Anda ingini dalam kolom Masukkan nama dokumen baru.
Mengunggah Atau Mengupload File
- Silahkan akses ke halaman Google docs https://docs.google.com.
- Login
- Selanjutnya kita sudah bisa memulai meng-upload file. Dalam contoh kali ini saya akan menggunakan file pdf. Untuk memulai upload, silahkan klik tombol Unggah kemudian di ikuti dengan memilih File
- Selanjutnya akan muncul kotak dialog “File Upload” Seperti berikut, Di langkah ini sobat diminta untuk memilih file yang hendak di-upload.
Cara Menghapus/Delete File Di Google Docs
Apabila ingin menghapus/men-delete berkas yang sudah diunggah, lakukan hal berikut:
- Beri tanda tik pada file yang akan dihapus.
- Klik More -> Move to Trash / Pindahkan ke Sampah (paling bawah). ATAU
- Beri tanda tik pada file yang akan dihapus.
- Klik ikon tempat sampah (atas tengah).
0 komentar:
Posting Komentar